Pengalaman mengganti nec tokin toshiba L510

Assalamu'alaikum,,wr,,wb

Hari itu ada seorang ibu guru SMP dikampung saya datang membawa laptop toshiba L510,dengan keluhan sering mati sendiri,oke saya cek dulu ya bu,sekalian saya pastikan apa-apa saja yang bermasalah.Setelah ibu itu setuju akhirnya laptop saya cek satu persatu ,ternyata selain mati seperti yang dikeluhkan ibu guru laptop juga sering blue screen,nah disini filling saya sudah ke nec tokin,berdasarkan pengalaman,toshiba seri ini sering nec tokin yang bermasalah,sekalipun sudah menjurus kesitu tapi tetap tidak langsung saya eksekusi,tetap saya pastikan benar,apa iya tokinnya atau bukan,langkah awal saya ganti ram,hasil masih sama,selanjutnya install ulang dengan hdd lain juga sama,saya bongkar tambah pasta processor sama saja.Ganti batrai juga sama,Akhirnya saya semakin yakin kalau memang tokinnya yang sudah sakit.Dengan bekal mencari cara di mbah google,sekalipun sudah pernah menangani tetap butuh refrensi.saya bongkar tokinnya,dengan bermodalkan pisau cutter pelan-pelan saya buang tokin yang menempel di mb,untuk nec tokin sendiri bisa diganti dengan kapasitor tantalum 330,dionline bnyak kok bro.Saat pemasangan timbul masalah disolder saya,saya punya 2 solder dan dua-duanya kalau dipakai untuk nyolder bukannya encer tapi malah makin keras timahnya,waduh bagaimana ini,,,?mau beli kebetulan dikampung saya adanya cuma solder seperti punyaan saya,mau pinjam ndak mungkin masak untuk cari duit pinjam.Akhirnya dengan telaten saya tetap pakai solder odong-odong saya,sekalipun hasil jauh dari kata rapi,tapi tidak apa-apalah untuk permulaan,nanti kalau berhasil baru dibeli solder yang bagus,pikir saya.Dan setelah pemasangan selesai,saya coba hidupkan laptopnya dan ternyata berhasil dan laptop kembali normal jaya,,,Alhamdulillah,,,tapi pemasangannya tetap amburadul bro,,hehehe 
Untuk detailnya kalau ada waktu saya buatkan lengkap dengan gambar ya gan,sementara sekian aja dulu pengalaman saya mengganti nec tokin toshiba L510 dengan kapasitor tantalum 330.

0 comments: